"WEBSITE RESMI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN NATUNA"

PROFIL KEPALA DINAS

img
H.ERSON GA, S.Sos, MA

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

LINK INSTANSI TERKAIT

LINK INSTANSI NATUNA

Filosopi Singkat Mesjid Agung Natuna

Mesjid Agung Natuna adalah landmark Kabupaten Natuna. Kemegahan dan keindahannya dapat langsung dinikmati sejak pertama kali mata melihatnya dari jarak jauh karena bentuk bangunan fisiknya sangat besar dengan luas keseluruhan mencapat 5.500 meter persegi dan mampu menampung

jamaah sebanyak 5000 orang.

Lokasi Mesjid Agung sangat mudah ditempuh karena keberadaanya tepat di jalam protokol kota Ranai denga akses pintu masuk yang luas. Ditengah dibelah oleh taman dan sungai sepanjang 1,2 KM. Pemandangannya mengingatkan kita pada bangunan makam Indah Mum Taj Mahal di India.

Pertama, Mesjid ini memiliki kubah raksasa yang didominasi oleh warna hijau dan kuning telur. Kedua, Mesjid ini memiliki 4 buah menara dengan ketinggian 17 meter. Angka 17 itu mengapresiasikan 17 jumlah rakaat dala 5 waktu. Kemudian keistimewaan dari mesjid agung ini adalah dilengkapi dengan dinding yang mampu memberi udara segar dan sejuk didalam ruangannya karena dindingnya desain dengan model dinding lubang angin sehingga suhu udara didalam mesjid tetap sejuk. Didalamnya tersedia dua lantai tempat sholat.

Ketiga, bangunan ini disediakan lorong yang didesain sama dengan lorongnya sehingga ketika berada dilorong manapun ketika merasa berada pada lorong yang sama, artinya umat Islam selalu melakukan hal selalu diulang-ulang seperti sholat, khutbah pada sholat Juma'at dan sebagainya. Tidak lupa setiap mesjid selalu disediakan beduk sebagai penanda atau pengingat masuknya waktu sholat. Beduk yang ada pada mesjid ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu, sepanjang 5 meter dengan garis diameter 2 meter. Pembuatan beduk ini diperlukan waktu lebih kurang 8 bulan yang dibuat dari kayu hutan yang ada di Natuna, yaitu Desa Kelarek.

Fan Page

Twitter

GALERI WISATA

PICTURE IN MAP